Visi Misi Desa
VISI
"Terwujudnya Masyarakat Desa Pandansari yang Maju, Aman, Adil, Agamis, Sejahtera, Berkelanjutan yang dilandasi semangat pemberdayaan masyarakat dan gotong royong"
Rumusan Visi di atas diartikan sebagai berikut :
-
Maju dalam pengertian, Kita bersama-sama membawa masyarakat Desa Pandansari ke dalam keadaan yang lebih baik lagi.
-
Aman dalam pengertian, Kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Desa Pandansari yang tentram, aman, damai dan tenang.
-
Adil dalam pengertian, Mewujudkan kondisi yang bebas dari Diskriminasi dan ketidakjujuran.
-
Agamis dalam pengertian, mewujudkan kondisi masyarakat dan aparaturnya bersih, berwibawa, dan ber-akhlak yang mulia berdasar nilai-nilai keagamaan.
-
Sejahtera dalam pengertian, Mewujudkan kondisi masyarakat yang dapat terpenuhi akan kebutuhan dasar baik kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.
-
Berkelanjutan dalam pengertian, terselenggaranya kegiatan pembangunan baik fisik maupun non-fisik dengan memperhatikan kaidah-kaidah pembangunan yang berwawasan lingkungan, memperhatikan tata ruang dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan.
MISI
-
Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang parsitipatif, responsif, transparan, kinerja birokrasi yang bersih, kompeten di bidangnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka memenuhi pelayanan masyarakat secara prima.
-
Meningkatkan pembangunan Infrastruktur yang berbasis pada pemerataan wilayah, Sumberdaya air, pemukiman dan prasarana lingkungan serta akses jalan pertanian yang menunjang kegiatan sosial ekonomi kemasyarakatan dan sektor pariwisata.
-
Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan potensi desa melalui pemberdayaan yang berupa pelatihan, pembinaan, dan peningkatan kapasitas/kemampuan kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga desa, organisasi yang ada di desa, dan lembaga-lembaga lain seperti : PKK, LPMD, RT/RW, Karang Taruna, Balakarcana, TPQ, dan lain-lain serta organisasi keagamaan seperti NU, ANSOR, FATAYAT, MUSLIMAT, IPNU dan IPPNU.
-
Optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
-
Pemenuhan kebutuhan dasar seperti kesehatan melalui kegiatan Posyandu, Ketersediaan Air Bersih, sarana pemukiman melalui program Rehab Rumah secara berkala dan bertahap serta fasilitas mobil siaga desa.
-
Pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar seperti Program perbaikan, pembetulan dan pembuatan Kartu Keluarga (KK) secara masal di bulan ketiga tiap tahun secara GRATIS dalam rangka tertib administrasi.
-
Penguatan kebutuhan pelayanan dasar bidang pendidikan seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
-
Meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan hidup.
-
Memantapkan potensi sosial budaya lokal.
“BERSAMA LAGI KITA BISA”